Workshop Pengembangan Manajemen Pendidikan Inklusi pada Sekolah Dasar

SDN Lemah Putro 1 Sidoarjo bekerjasama dengan Unesa menyelenggarakan workshop dengan tema "Pengembangan Manajemen Pendidikan Inklusi pada Sekolah Dasar". Pembicara dalam workshop tersebut adalah Prof.Dr. Murtadlo, M.Pd (Pakar Manajemen Pendidikan Inklusi) yang juga merupakan dosen Unesa. Dalam workshop tersebut, Kepala SDN Lemah Putro 1 Sidoarjo mengundang  Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kecamatan Sidoarjo, Kepala UPT Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sidoarjo, Kepala UPT ABK Sidoarjo, Kepala SD Taruna Sidoarjo, Kepala PG/TK Taruna Sidoarjo, Guru kelas dan Guru pendamping khusus SDN Lemah Putro 1, Wali murid dari siswa berkebutuhan khusus serta mahasiswa magister psikologi profesi Unair yang sedang melaksanakan praktek kerja profesi psikologi.
Dalam ceramahnya, Prof. Murtadlo menjelaskan bahwa inti dari pendidikan inklusi adalah peserta didik bisa belajar bersama dnegan teman-teman seusianya di sekolah yang dekat dengan rumahnya. Ketika anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat belajar dengan senang maka ia akan termotivasi untuk terus belajar.
Dalam manajemen pendidikan inklusi, kurikulum berperan penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan. Kurikulum anak berkebutuhan khusus terdiri dari : kurikulum duplikasi, kurikulum modifikasi, kurikulum substitusi, dan kurikulum omisi yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ABK.
Di akhir workshop, Prof. Murtadlo beserta tim nya juga melakukan role play proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang melibatkan kepala sekolah sebagai penanggung jawab PPDB, guru kelas, dan guru pembimbing khusus sebagai tim yang akan merancang rencana program pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus, dinas sosial serta tim ahli (dokter dan psikolog) yang melakukan asesmen awal terhadap kebutuhan khusus para calon peserta didik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIEDEX 2013

Lagi lagi SDN Lemahputro I dapat Tamu Dari Luar Negeri

Shadow Teacher (Guru Pendamping)